Hubungi Kami

Customer care siap membantu Anda selama office hour 08:00-17:00. Senin sampai Jumat.

Telp: 021 2921 8911,
021 2921 8925

SALES

0
Rp 0
0 barang
Refresh browser (F5) jika list tidak terbaru
Masuk
Email
Kata Kunci

30.04.2018

Tips Memperbaiki Handphone Yang Terkena Air

Handphone Terkena Air

Baca Artikel :

Tips Memperbaiki Handphone Yang Terkena Air – Kita sering melakukan banyak aktivitas dengan HP kita sehingga HP juga berpotensi untuk terkena atau masuk ke dalam air. Air merupakan musuh besar bagi alat-alat elektronik terutama HP, karena air bisa merusak komponen-komponen yang ada di dalamnya karena bisa masuk melalui celah-celah kecilnya. HP yang masuk ke air juga berpotensi untuk mati total atau kerusakan komponen dalam kalau enggak ditangani dengan cepat sehingga data atau memori HP bisa hilang atau rusak juga.

Tapi, kamu enggak perlu khawatir karena ada beberapa cara mudah memperbaiki HP yang masuk air tanpa kamu harus bawa ke service center terlebih dahulu. Yuk, cari tahu langkahnya berikut ini:

  • Segera Lepaskan Baterai, Memory Card, dan SIM card

Jangan buru-buru mencoba untuk menghidupkan HP-mu saat dalam keadaan basah. Lepaskan baterai handphone, memory card, dan SIM card secepatnya untuk meminimalisir kerusakan akibat terjadinya short atau korslet setelah HP terkena air. Kamu tahu kan kalau air dan listrik itu enggak bersahabat? Jadi, jangan coba menyalakanya dulu sebelum HP benar-benar kering. Setelah sudah di lepas, lap dengan handuk kering dan usahakan jangan menggoyangkan HP terlalu berlebihan karena bisa membuat air menyebar ke komponen dalam lainnya.

  • Lepas Semua Komponen / Bagian Dalam HP

Ada kemungkinan kalau air bisa masuk melalui lubang – lubang kecil seperti Port USB, Port Charger dan lubang Speaker, walaupun HP kamu dalam keadaan tertutup rapat oleh casing. Kamu bisa mulai melepaskan semua sekrup yang ada pada casing dengan Obeng Kecil dengan hati-hati. Kalau casing belakang sudah terbuka, lepaskan juga sekrup yang ada pada PCB hingga ke bagian-bagian kecil dan coba keringkan juga di bagian dalamnya dengan lap atau hair dryer dari jarak kurang lebih 30 cm diatas HP.  Obeng Elektonik  ( Belanja Online di www.klikmjm.com )

  • Fokus pada LCD dan Baterai

Ini merupakan salah satu langkah yang paling penting. Setelah semua komponen HP terbongkar, bersihkan bagian LCD-nya terlebih dulu. Bagian ini biasanya sering atau cepat banget rusak setelah terkena air karena LCD berisi filamen lunak dan enggak tahan pada kelembaban air. Kalau dibiarkan basah terlalu lama, bisa muncul flek hitam pada layar LCD HP.

Kalau bagian LCD sudah kering dari air, keringkan bagian HP lainnya seperti PCB dengan menggunakan blower, kipas angin, atau bisa juga dengan hair dryer. Tapi kalau mengeringkan PCB dengan hair dryer jangan terlalu dekat dan lama, karena udara panasnya bisa merusak komponen PCB tersebut dan bosa menjadi rusak total, lho.

  • Rendam ke dalam Beras

Supaya air benar-benar hilang dan cepat kering, ambil beras sekotak penuh lalu rendam semua komponen HP yang terkena air tadi, tutup rapat, pastikan HP dan baterai dalam keadaan terkubur didalam beras sekitar 6-7 jam atau kalau bisa seharian . Hal ini karena beras bisa menyerap embun dan air dengan baik, dan bisa untuk mengeringkan sisa-sisa air yang ada pada komponen HP, karena beras mengandung elektrostatis yang bisa menyerap kadar air dan mengurangi kelembaban secara maksimal.

  • Pasang dan Hidupkan HP Kembali

Setelah proses pengeringan selesai dan HP kamu sudah benar-benar kering, segera pasang kembali komponen yang sudah di bongkar tadi. Rakit dengan benar dan hati-hati supaya enggak merusak komponen lainnya. Kalau sudah dipasang hingga casing-nya, coba hidupkan. HP kamu kemungkinan sudah bisa 2menyala normal lagi atau nyala blink tanda HP sudah berfungsi lagi. Kalau belum bisa menyala juga, kamu bisa pergi ke toko service supaya bisa dicek lebih jauh.

Baca Artikel : 

HP yang masuk ke dalam air kemungkinan bisa rusak atau mati total kalau enggak cepat dikeringkan atau ditangani dengan cepat, sehingga baterai dan memori penting di dalamnya bisa rusak. Tapi, dengan beberapa cara diatas, kamu bisa memperbaiki HP mu dengan cepat sebagai pertolongan pertama sehingga memungkinkan HP kamu bisa hidup kembali dengan normal. Yuk, antisipasi HP terkena atau jatuh ke air.


Kami Menerima


Powered by Exdeca 4.0
Whatsapp
Title
Content
Title
Content