Hubungi Kami

Customer care siap membantu Anda selama office hour 08:00-17:00. Senin sampai Jumat.

Telp: 021 2921 8911,
021 2921 8925

SALES

0
Rp 0
0 barang
Refresh browser (F5) jika list tidak terbaru
Masuk
Email
Kata Kunci

16.03.2018

Cara Menambal Tangki Motor Bocor Dengan Biaya Murah

Cara Menambal Tangki Motor Bocor Dengan Biaya Murah

Buat anda pemilik motor berkopling (motor lanang) seperti new mego pro, vixion, tiger dll pasti pernah mengalami masalah kebocoran tangki bensin. Tangki yang langsung berhubungan dengan luar membuatnya lebih rentan rusak dibandingkan motor dengan tangki berada di bawah jok.

Cara menambal tangki motor bocor yang paling simpel adalah langsung membawanya ke tukang ketok magic ataupun las. Selain mengatasi lubang pada tangki, mereka juga akan mengecat ulang sehingga jadi seperti baru lagi. Sayangnya untuk mendapatkan itu semua, kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Cara Menambal Tangki Motor Bocor

Tahukah anda bahwa kebocoran pada tangki motor bisa diatasi dengan trik alternatif dengan bahan dan alat yang sederhana pula. Meskipun begitu hasilnya tidak mengecewakan, cukup tahan lama sambil menunggu dapat duit buat beli tangki baru.

Bahan utama yang digunakan sebagai penambal adalah lem super. Agar lebih bisa kuat bisa ditambahkan bahan seperti bedak halus ataupun tanah kering. Perpaduan kedua bahan ini menciptakan tambalan yang melekat kuat pada tangki.

Alat dan Bahan Penambal:

 

Cara Menambal Tangki Motor yang Bocor :

1. Pertama pisahkan tangki motor dari bodi. Cari letak dimana terdapat bensin yang rembes, tandai dengan isolasi. Biasanya kebocoran tidak hanya terjadi pada satu titik saja, cari semua lubang bocor.

2. Keluarkan semua bensin yang masih ada di dalam tangki motor. Tujuannya agar nanti lem bisa masuk ke dalam bagian yang rembes, tidak terhalangi bensin.

3. Bersihkan sekitar tangki yang telah ditandai tadi, gunakan lap kering. Kalau ada kotoran membandel bisa memakai amplas..

4. Gunakan lem super tepat pada bagian yang berlubang, taburkan bedak di atasnya. Ratakan dengan sobekan kertas agar kedua bahan menyatu. Diamkan semenit biar lebih kering.

5. Tambahkan lagi lem super dan bedak untuk memastikan lubang sudah tertutup.

6. Setelah kering pastinya tambalan terlihat timbul, untuk mengatasinya bisa diamplas hingga halus.

7. Bersihkan dengan kain lap lalu tinggal dicat kembali dengan warna sesuai tangki.

Bahan lain yang bisa digunakan adalah cairan resin dan hardener, total biaya yang dikeluarkan sedikit lebih mahal daripada cara di atas. Hasilnya juga sedikit lebih baik karena tidak merusak tambalan tangki luar.

Caranya cukup kuras bensin lalu masukkan campuran cairan resin + harderner ke dalam tangki. Goyang-goyangkan tangki agar resin melapisi semua bagian tangki. Tinggal dijemur di bawah sinar matahari langsung hingga kering.

Cara menambal tangki motor di atas hanya bisa dilakukan jika bocornya cuma rembes dengan lubang kecil saja. Untuk tangki yang bolong besar maka mau tidak mau harus ditambal dengan las. Jika terlalu parah maka mau tidak mau ganti dengan yang baru.

Agar tangki motor tidak rentan bocor, kita pahami dulu kenapa bisa muncul lubang pada tangki. Kebocoran tersebut muncul karena bagian dalam tangki yang berkarat. Karat biasa disebabkan oleh bahan bakar yang bercampur air ataupun air hujan yang rembes ke dalam tangki. Terkadang tangki yang jarang diisi full pun bisa menyebabkan karat pada ruang yang jarang terpakai.

Sekian artikel tentang Cara Menambal Tangki Motor Bocor dengan Metode Alternatif. Segera atasi kebocoran yang terjadi, bensin yang rembes tidak hanya pemborosan namun juga beresiko terbakar jika terkena percikan api. Utamakan keselamatan ya!

 


Kami Menerima


Powered by Exdeca 4.0
Whatsapp
Title
Content
Title
Content