Hubungi Kami

Customer care siap membantu Anda selama office hour 08:00-17:00. Senin sampai Jumat.

Telp: 021 2921 8911,
021 2921 8925

SALES

0
Rp 0
0 barang
Refresh browser (F5) jika list tidak terbaru
Masuk
Email
Kata Kunci

23.05.2017

Apa Itu Bahan Abrasive?

Bahan abrasive adalah bahan alami atau sintetik yang relative keras untuk untuk mengasah atau menggosok bahan lain yang lebih lunak. Gerinda, kikir, amplas, bubuk, dan krem poles, serta balok asah adalah bahan abrasive yang sering ditemukan. Untuk berbagai keperluan, bahan abrasive digunakan dengan bentuk dan bahan berlainan. Krem poles dapat membuat permukaan sangat halus dan mengkilap. Gerinda dan kikir digunakan untuk menciptakan komponen mesin yang memerlukan ketelitian tinggi untuk memperhalus bagian yang kasar. Amplas sering digunakan oleh tukang besi dan tukang kayu untuk menghaluskan permukaan benda yang akan di cat. Pekerjaan ini dapat dilakukan dengan cara menggosokan atau menggeserkan bahan abrasive pada permukaan yang akan dibentuk atau diperhalus, baik dengan tenaga manusia maupun dengan mesin.

Penggunaan bahan abrasive sudah sudah dimulai sejak jaman prasejarah. Pada saat itu, alat-alat dan senjata dari batu dibuat dengan mengasahnya pada batu yang lebih keras. Dalam sejarah selanjutnya, para pandai besi menggunakan bebatuan yang dibentuk menjadi gerinda atau balok untuk mengasah pisau, parang, kapak dan peralatan dari kayu. Bahan abrasive dari bubuk juga sudah digunakan oleh orang mesir kuno untuk memperhalus berbagai barang kerajinan. Sampai abad ke 19, bahan-bahan abrasive itu masih memegang peranan yang sangat penting dalam industry manusia. Selanjutnya, mulai banyak digunakan bahan abrasive logam yang lebih keras dan mempunyai daya penghalus yang tinggi. Beberapa bahan abrasive alami ditambang dari bumi di berbagai penjuru dunia.

Pada abad 20 berbagai bahan abrasive sintetik telah dibuat. Bahan abrasive sintetik mempunyai sifat abrasi yang lebih baik dan lebih seragam. Bahan sintetik itu antara lain adalah Silikon Karbida (dipasarkan sebagai Carborundum, Crystalon, dan Carbolon), Intan Sintetik, Boron Karbida, dan Alumunium Oksida buatan. Sekarang, bahan abrasive alami masih banyak digunakan , namun dalam industry besar fungsinya sudah banyak digantikan oleh abrasive sintetik. Bubuk abrasive juga dapat ditempelkan pada permukaan kertas atau kain dengan bahan perekat , menjadi amplas. Di dalam industry besar banyak digunakan gulungan amplas yang tidak terputus bentuk ini dijalankan dengan mesin khusus.


Kami Menerima

Pertanyaan?

SALES

Powered by Exdeca 4.0
Title
Content
Title
Content